Senin, 27 Februari 2017

Diet Agar Cepat Hamil Bagian 2

Masih dalam kelompok vitamin B, ada jenis vitamin B lain yang juga dapat menyehatkan reproduksi manusia yaitu vitamin B3 (niasin). Vitamin ini memiliki fungsi utama untuk membantu memperlancar aliran atau sirkulasi darah, hal ini sangatlah penting karena tanpa aliran atau sirkulasi darah yang lancar, sel-sel dalam tubuh tidak akan mendapatkan cukup oksigen dan dan nutrisi yang dapat mengakibatkan sel-sel tersebut tidak berfungsi dengan baik. apabila sel-selnya saja sudah tidak berfungsi, maka secara keseluruhan organ-organ tubuh kita bakal terganggu


Organ reproduksi manusia baik pria maupun wanita membutuhkan aliran darah yang lancar agar dapat berfungsi dengan baik. organ reproduksi pria seperti testis membutuhkan oksigen dan nutrisi agar dapat membentuk sperma yang sehat dan jumlah yang memadai, organ lainnya seperti penis juga membutuhkan aliran darah yang lancar agar dapat melakukan ereksi secara maksimal, oleh karena itu sering kali seorang pria juga dianjurkan banyak mengonsumsi vitamin B3 agar dapat melakukan fungsi seksualnya dengan baik. organ reproduksi wanita seperti ovarium juga membutuhkan nutrisi agar produksi estrogen dan progesterone tidak terganggu, sehingga sel telur (ovum) bisa dikeluarkan setiap bulan dan libido (gairah seksual) wanita tetap terjaga dengan baik, dinding-dinding rahim juga butuh dialiri nutrisi agar menjadi kuat saat nantinya menerima calon jabang bayi sehingga risiko keguguran dapat dihindari.
Sumber vitamin B3 alami terdapat dalam ikan, daging sapi, daging ayam,daging kambing, kacang-kacangan, sayuran, telur serta susu dan produk olahan susu. Sayuran yang mengandung  vitamin B3 tinggi seperti jamur, asparagus, dan kentang, sedangkan untuk buah-buahan Anda bisa mengonsumsi mangga, sawo, buah naga, atau apel, ikan tuna dan salmon juga banyak mengandung vitamin B3 dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin tersebut sehari-harinya. Namun tak menutup kemungkinan juga untuk Anda mengonsumsi suplemen tambahan vitamin B3 yang aman serta terbuat dari bahan alami yang akan memberikan vitamin yang sama.
Perbanyak Vitamin B12
Jenis vitamin B komplek lainnya, yaitu vitamin B12 atau kobalamin. Fungsi utama dari vitamin B12 adalah membantu metabolisme tubuh khususnya dalam hal pembentukan sel darah merah, sintesis DNA dan melindungi serat saraf dalam tubuh. Dalam melakukan fungsi-fungsi tersebut, vitamin B12 tidak bekerja sendiri melainkan bekerja sama dan terikat dengan zat-zat lain seperti asam folat, zat besi, dan enzim tubuh.
Vitamin B12 akan bekerja sama dengan asam folat dan zat besi dalam proses pembentukan sel darah merah (eritrosit), sel darah merah berperan penting dalam transpor atau  penyaluran oksigen dan  nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh. Karena itu ketika tubuh kekurangan vitamin B12, hal ini dapat memicu terjadinya anemia yang ditandai dengan kulit pucat, kelelahan, sering kesemutan, demam, diare, sulit berkonsentrasi atau bingung dan bahkan penurunan berat badan. Bagi Anda dan pasangan yang ingin cepat mendapat momongan, anemia dapat mengganggu pembentukan sel telur (ovum) dan mengganggu produksi sperma sehingga kehamilan akan sulit terlaksana.
Selain pembentukan sel darah merah, vitamin B12 yang bekerja sama dengan asam folat juga akan membantu sintesis atau pembentukan DNA baru yang khususnya berfungsi dalam membentuk imunitas (kekebalan) tubuh. Tanpa adanya imunitas yang baik, kita akan cepat terserang penyakit dan tubuh kita tak bisa selalu sehat dan bugar. Vitamin B12 juga berfungsi melindungi serabut-serabut saraf dengan memperkuat selubung serabut saraf yang disebut dengan myelin, selubung ini melindungi sistem saraf bagian dalam agar senantiasa berfungsi dengan optimal. Apabila myelin rusak akan mengakibatkan kerusakan sistem saraf didalamnya dan mengganggu fungsi-fungsi organ tubuh yang diatur oleh saraf tersebut, apabila yang rusak adalah saraf yang mengatur fungsi reproduksi, berarti produksi hormone, produksi sperma, dan ovum bisa terganggu dan mengakibatkan sulitnya untuk hamil.
Mengingat pentingnya vitamin B12 bagi tubuh dan sistem reproduksi, ada baiknya kita memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap harinya. Adapun sumber makanan alami yang mengandung vitamin B12 diantaranya: ikan kakap, udang, kerang, daging, dan hati hewan. Bila Anda bukan penggemar bahan makanan yang berbau amis, Anda bisa mengonsumsi sumber makanan lain seperti tempe, olahan rumput laut, atau ganggang hijau biru.
Perbanyak Vitamin C
Banyak orang mengatakan konsumsi vitamin C yang cukup bisa menjaga kesehatan tubuh kita, hal tersebut memang benar adanya lantaran vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan atau penangkal radikal-radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas yang mengandung kadar oksigen amat tinggi bisa memicu timbulnya reaksi osidasi berlebihan pada asam amino yang akhirnya dapat merusak metabolismenya yang lama-kelamaan dapat melemahkan imunitas tubuh. Oleh karena itu, radikal bebas tersebut harus ditangkal dengan menggunakan antioksidan sehingga proses oksidasi berlebihan dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan.
Disamping memperkuat sistem imun, vitamin C juga memiliki banyak manfaat yang berkaitan dengan reproduksi serta kesuburan, baik bagi pria maupun wanita. Bagi pria, konsumsi vitamin C yang cukup dapat mencegah penggumpalan sperma serta meningkatkan pergerakan sperma. Sperma yang menggumpal tentunya memperkecil kesempatan hamil karena persatuan sperma tidak akan mampu mencapai saluran indung telur untuk membuahi sel telur. Begitupula bila sperma tidak bergerak dengan kuat, sperma tidak akan mampu mencapai saluran indung telur sehingga tidak mampu membuahi sel telur. Pada wanita, vitamin C berfungsi membantu keseimbangan hormonal reproduksi dan penyerapan zat besi, keseimbangan hormone reproduksi sangat mutlak diperlukan agar siklus menstruasi lancar dan pengeluaran ovum terjadi secara teratur. Penyerapan zat besi juga penting agar seorang wanita tidak menderita anemia karena kekurangan zat besi didalam tubuh.


Kebutuhan vitamin C berkisar antara 750-1000 mg dalam sehari, dan tak masalah jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan karena vitamin ini larut dalam air sehingga tubuh akan membuangnya melalui urine jka berlebihan kadarnya. Perlu diingat bahwa vitamin C sifatnya asam sehingga pada penderita penyakit lambung seperti maag dapat menyebabkan kambuhnya maag, untuk menyiasatinya dapat dengan cara mengonsumsi vitamin C secara bertahap sehingga peningkatan asam pada lambung tak terlalu tinggi dan kambuhnya penyakit dapat dihindari.
Vitamin C banyak ditemui pada buah-buahan seperti jeruk, lemon, stroberi, kiwi, mangga, dan lain sebagainya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut setiap hari untuk menjaga pasokkan vitamin C tubuh, sebagai alternatif Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C tambahan yang banyak dijual ditoko obat atau apotik apabila Anda tidak sempat mengonsumsi buah-buahan sumber vitamin C. konsumsi vitamin sangat dianjurkan bagi Anda yang bekerja atau sering terpapar lingkungan yang penuh dengan polusi, pada wanita dengan kesibukan tinggi juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari untuk menjaga kebugaran tubuh serta memperkuat imunitas (kekebalan) tubuh.
Perbanyak Vitamin A
Vitamin A banyak dikenal sebagai vitamin penyehat mata dan banyak terdapat pada wortel. Hal tersebut memang tidaklah salah karena vitamin A banyak mengandung takaroten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga kesehatan organ penglihatan kita. Sebenarnya fungsi vitamin bukan hanya itu saja dan tidak hanya terdapat pada wortel, masih banyak fungsi lain vitamin A dan sumber makanan alami yang banyak mengandung vitamin A.
Fungsi lain vitamin A adalah berperan dalam proses pendewasaan, pembelahan, dan penggantian sel-sel yang telah mati. Sel-sel dalam tubuh perlu menjadi dewasa agar dapat berfungsi dengan baik, sel-sel juga harus membelah agar tubuh kita bisa tumbuh, dan sel yang telah mati juga harus diganti dengan sel yang baru supaya organ tubuh senantiasa berfungsi dengan baik. proses pendewasaan, pembelahan serta penggantian sel sangat diperlukan bagi organ-organ reproduksi agar berfungsi optimal seiring dengan pertumbuhan tubuh. Vitamin A pun ternyata ikut membantu pengaturan hormone reproduksi baik pria maupun wanita, sehingga proses pembentukan sel telur dan sperma dapat berjalan secara optimal.
Kesehatan kulit juga akan terjaga dengan cukup mengonsumsi vitamin A dalam kehidupan sehari-hari. Kulit merupakan bagian tubuh yang paling sering mengalami pergantian sel dan paling rentan mengalami kerusakan karena berada dibagian paling luar, oleh karena itu vitamin A dibutuhkan untuk membantu proses penggantian sel-sel kulit mati dengan sel-sel kulit yang baru. Terjaganya kesehatan kulit akan membuat Anda khususnya kaum wanita terlihat lebih menarik dan segar yang berdampak pada semakin semakin cintanya pasangan serta semakin harmonisnya kehidupan rumah dan tangga dan seksual.
Banyak sekali sumber makanan yang mengandung vitamin A yang kita temui sehari-hari. Selain pada wortel, vitamin A dapat kita temui pada: jagung, gandum, ubi kuning, ubi merah, kacang merah, dan kacang ercis. Sayuran yang mengandung banyak vitamin A diantaranya: bayam, kacang panjang, kol, sawi, kangkung, pok coy, labu, dan brokoli. Sedangkan pada buah-buahan, hampir seluruh buah-buahan yang berasa manis mengandung vitamin A seperti papaya, apel, mangga, apricot, dan juga sawo, bahan lauk-pauk yang mengandung vitamin A seperti hewan dan telur juga dapat dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan vitamin A.

Baca juga: Madu Penyubur Kandungan 

Related Posts

Diet Agar Cepat Hamil Bagian 2
4/ 5
Oleh