Senin, 09 Januari 2017

Tips agar Cepat Hamil




Salah satu tujuan dilaksanakannya pernikahan adalah demi melestarikan keturunan. Selain ada obat herbal supaya cepat hamil, baca juga tips agar cepat hamil ini. Dengan kata lain, menikah adalah untuk mempunyai keturunan. Kehadiran anak dalam sebuah keluarga merupakan sesuatu yang sangat berharga, maka sudah barang tentu jika sepasang suami istri mengharap segera dikaruniai momongan. Namun demikian, dari sekian banyak pasangan yang sudah menjalani prosesi pernikahan, ada diantara mereka yang belum dikaruniai keturunan, meskipun mereka sudah menjalani kehidapan rumah tangga selama bertahun-tahun. Mungkin Anda pernah mendengar banyak rumor yang beredar tentang kapan saat terbaik melakukan hubungan seks sesuai siklus wanita, berapa kali hubungan seksual dilakukan, posisi dan cara seksual dilakukan, dan hal-hal lain yang meningkatkan kemungkinan untuk dapat hamil. Nah, jika Anda termasuk dari bagian ini sedangkan Anda sendiri sangat merindukan kehadiran sang buah hati, maka terdapat beberapa trik atau kiat yang harus Anda perhatikan sebagai berikut:


Kapan Waktu Terbaik untuk Konsepsi   
Apabila Anda termasuk dari salah satu orang yang telah melangsungkan pernikahan dan Anda ingin segera mempunyai momongan, ada baiknya jika Anda mengetahui kapan sebenarnya terjadinya pembuahan pada seorang wanita. Tidak hanya sekadar bagi Anda yang ingin segera mempunyai momongan, namun dengan mengetahui kapan masa subur Anda (istri Anda), juga dapat berfungsi sebagai metode “Keluarga Berencana” atau kontrasepsi yang natural untuk yang masih mau menunda kehamilan, jangan melakukan hubungan seksual pada saat subur.
Masa subur yakni suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana terdapat sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi. Sehingga, apabila perempuan tersebut melakukan hubungan seksual, maka kemungkinan untuk mengalami kehamilan sangat besar. Masa subur hanya terjadi satu kali dalam satu siklus menstruasi. Masa subur merupakan rentang waktu sejak sel telur keluar dari indung telur hingga sel telur berada disaluran sel telur (saluran tuba fallopi). Dengan demikian, jika Anda mengetahui kapan masa subur Anda, maka Anda bisa menentukan pilihan. Jika ingin segera mempunyai momongan, maka lakukanlah hubungan suami-isri pada masa subur ini, namun jika ingin menunda kehamilan, hindarilah berhubungan dimasa subur.
Pada masa subur terjadi pelepasan satu atau lebih sel telur dari indung telur, yang kemudian siap untuk dibuahi oleh sperma. Biasanya, masa subur terjadi dalam rentang dua hari sebelum dan sesudah pelepasannya. Untuk mengetahui hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan antara lain sebagai berikut:
Pertama, sistem kalender. Mengetahui masa subur dengan menggunakan sistem kalender merupakan cara natural atau alamiah, dan ini hanya bisa dilakukan oleh wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur. Tapi bisa juga Anda mempelajari cara cepat hamil setelah haid. Sementara bagi mereka yang masa menstruasinya tidak teratur, maka cara ini susah untuk digunakan. Cobalah untuk mencatat siklus menstruasi Anda dalam tiga bulan terakhir berturut-turut (tanggal hari pertama haid). Cara perhitungan masa subur berdasarkan sistem kalender ini didasarkan pada masa subur atau saat ovulasi terjadi, yaitu pada hari keempat belas dari menstruasi yang akan datang dan dikurangi dua hari karena sperma dapat hidup selama empat puluh delapan jam setelah ejakulasi serta ditambahkan dua hari karena sel telur dapat hidup 24 jam setelah ovulasi. Misalnya, siklus haidnya 28 hari dan haid terakhirnya terjadi tanggal 1, sementara tanggal haid bulan berikutnya adalah tanggal 28. Dengan demikian, perkiraan waktu ovulasinya adalah di tengah-tengah periode haid, yakni tanggal 14. Jadi, masa subur terjadi sekitar tanggal 12 hingga 16. Cara seperti ini memang memiliki banyak kekurangan dan efektivitasnya tergolong rendah, yaitu berkisar antara 60 hingga 70 persen saja. Karena perhitungan ini sifatnya manual, maka dibutuhkan kecermatan dan ketelitian didalam menghitungnya. Bisa juga Anda minum ramuan penyubur kandungan agar cepat hamil
Perlu diketahui bahwa saat setelah haid, permukaan rongga rahim yang terkelupas ketika haid akan kembali ditumbuhi oleh lapisan baru. Setiap selesai haid, lapisan rongga rahim itu akan kembali dimatangkan atau disuburkan agar siap untuk menjadi tempat kehamilan pada siklus haid berikutnya. Pembentukan lapisan permukaan rongga rahim yang baru ini berlangsung secara bertahap selama berhari-hari hingga sampai pada keadaan yang cocok untuk digunakan sebagai tempat kehamilan. Sekitar dua minggu (14 hari) sebelum jadwal haid bulan berikutnya, sebagaimana penghitungan rumus diatas. Pada waktu itu, lapisan permukaan rongga rahim ini sudah dalam keadaan subur dan siap untuk menerima calon janin. Bersamaan dengan matangnya rongga rahim, yaitu sekitar dua minggu sebelum jadwal haid berikutnya, normalnya aka nada sebuah sel telur (ovum) matang yang keluar dari kandung telur (ovarium) yang siap untuk dibuahi oleh sperma. Keluarnya sebuah sel telur matang dari kandung telur ini dikenal dengan istilah ovulasi. Jadi, sekitar 14 hari sebelum haid itu, normalnya akan selalu terjadi dua peristiwa kematangan, yaitu matangnya rongga rahim sehingga siap untuk menjadi tempat kehamilan, dan peristiwa matangnya sebuah sel telur yang siap untuk dibuahi. Kedua peristiwa ini berlangsung secara bersamaan dan akan terus terjadi berulang kali disetiap siklus bulanan haid selama lebih dari 30 tahun usia subur wanita hingga mnejelang menopause, kecuali bia terjadi kehamilan atau ada faktor penghambat lainnya.
Apa yang dipaparkan diatas adalah cara penghitungan manual bagi wanita yang siklus haidnya teratur, sedangkan apabila wanita yang siklus haidnya tidak teratur perhitungannya berbeda dan akan dibahas setelah ini. Namun, sebelum menggunakan metode ini, tentunya pasangan suami-istri harus mengetahui masa subur. Siklus masa subur pada tiap wanita tidak sama. Untuk itu, perlu pengamatan minimal 6 kali siklus menstruasi. Apabila siklus haid seorang wanita tidak teratur, maka perhitungannya adalah mencatat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga pertama haid berikutnya.
Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikuarangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpendek – 11
Contoh:
Seorang istri mengalami haid dengan keadaan: siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)
Perhitungannya adalah: 26-18 = 8 dan 32-11 = 21.
Jadi, masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke-21 dari hari pertama haid. Pada masa ini, jika pasangan suami-istri menginginkan segera mempunyai anak harus melakukan hubungan seksual, karena pada masa ini istri sedang dalam masa subur. Menggunakan sistem kalender perlu kerja sama yang baik antara suami dan istri, karena metode ini perlu kemauan dan disiplin pasangan dalam menjalankannya. Bagi pasangan yang hendak menunda kehamilannya, ia harus bersabar menunda keinginananya untuk berhubungan suami-istri pada waktu subur. Sebaliknya, pada pasangan yang ingin segera mempunyai anak, sepakatilah untuk melakukan hubungan suami-istri pada masa subur ini. Dengan demikian, Anda akan dapat dengan mudah merencanakan kapan harus mempunyai anak.
Kedua, mengukur peningkatan suhu badan. Pada saat menjelang dan setelah masa ovulasi biasanya suhu badan berubah yakni mengalami peningkatan, hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon progesteron. Mengukur peningkatan suhu badan merupakan cara lain yang lebih efektif dari pada sistem kalender karena akurasinya mencapai 80 persen, asalkan dilakukan secara teratur pada jam tertentu sejak menstruasi bersih. Metode ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda cukup memasang termometer disatu tempat secara tetap dibawah lidah atau dimasukkan ke dalam dubur pada waktu pagi, yaitu sehabis bangun tidur terutama sebelum turun dari ranjang. Lakukanlah hal ini selama kurang lebih lima mneit dengan cara berbaring.
Amati dengan baik apa yang terjadi dengan suhu badan Anda jika ternyata hasilnya menunjukkan bahwa suhu badan mengalami kenaikan, maka dapat dipastikan bahwa pada waktu itu Anda sedang mengalami pelepasan telur. Dengan kata lain, Anda berada dalam masa subur dan jika ingin segera memiliki anak, maka lakukanlah hubungan suami-istri, karena hal ini memungkinkan untuk terjadinya pembuahan. Namun, jika ingin menundanya, hendaknya jangan melakukan hubungan badan pada saat itu.
Ketiga, lendir rahim. Hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi terjadi dan mempengaruhi lendir rahim. Menjelang ovulasi, biasanya lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan dua jari membentuk benang dan berwarna bening. Lendir ini dihasilkan oleh setiap wanita dalam waktu yang sangat terbatas, yaitu ketika menjelang sel telur akan melepaskan diri dari indung telur. Adapun lama dan jumlah produksi lendir kesuburan antara wanita satu dengan yang lain sangat berbeda. Wanita yang sangat subur bisa menghasilkan kesuburan kurang lebih lima hari, sedangkan bagi wanita yang kurang subur, maka masa produksi lendir jumlahnya hanya sedikit dan waktunya juga cukup sebentar saja. Minum juga herbal penyubur rahim agar cepat hamil.
Dalam keadaan subur, lendir bersifat elastis sehingga jika ditarik sekalipun lendir itu seolah-olah tidak akan pernah habis karena tidak juga putus. Cukup sulit rasanya untuk mengetahui hal ini jika tidak menggunakan alat bantu mikroskop dan apabila menggunakan alat bantu tersebut, lendir akan terlihat layaknya pohon pakis atau daun kurma. Oleh karena itu, hal ini memiliki akurasi yang kurang efektif.
Keempat, alat tes ovulasi. Saat ini, sudah banyak dijual bebas diapotek atau toko obat alat untuk mengetahui masa subur, yaitu tes prediksi masa subur atau ovulasi. Alat test ini bekerja dengan mengukur kadar hormon LH yang dihasilkan saat ovulasi. Alat ini digunakan seperti tets kehamilan tetapi tentu saja harganya lebih mahal. Alat test ovulasi mereknya bermacam-macam, bentuknya sekilas mirip alat penguji kehamilan (tespek). Cara penggunaannya juga sama dengan cara menguji kehamilan, yaitu cukup mengambil air seni pada sebuah wadah, kemudian alat tesnya dicelupkan ke dalamnya. Beberapa saat menunggu, Anda dapat mengetahui apakah Anda sedang berada pada masa subur atau tidak. Cara ini lebih efektif dibanding dengan cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya, sebab akurasinya mencapai 95 persen.
Kelima, ultra sonografi (USG). Bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur, dapat dilakukan pemeriksaan dengan USG serial. Dengan melalui pemeriksaan seperti ini, akan dapat terlihat kelenjar sel telurnya. Sehingga, pemeriksaan bisa dipantau secara terus menerus terjadinya perkembangan sel telur hingga ia benar-benar matang dan siap untuk dibuahi. Apabila Anda melakukan hubungan suami-istri pada saat sel telur sudah matang, maka kemungkinan untuk mengalami kehamilan sangat besar. Pemeriksaan ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah ahli dibidangnya yaitu tenaga medis.
Dengan cara seperti ini, dua sampai tiga hari kemudiaan dapat diukur siklus haidnya. Jika sudah dapat diketahui masa terjadinya pembuahan, segeralah melakukan pencatatan mengenai pada hari ke berapa masa subur itu datang. Dengan demikian, Anda dapat merencanakan kapan seharusnya Anda melakukan hubungan suami-istri apabila Anda ingin segera mendapatkan momongan.
Yang perlu diperhatikan bahwa sel telur yang sudah matang hanya hidup 24 jam, sedangkan sperma hidup 48-72 jam dalam tubuh wanita. Oleh karenanya, melakukan hubungan seks sebelum masa ovulasi itu lebih baik untuk meningkatkan kehamilan dari pada sehari atau dua hari sesudahnya.

Related Posts

Tips agar Cepat Hamil
4/ 5
Oleh