Sabtu, 07 Januari 2017

Penyebab Sulit Hamil Bagian Dua




Setelah sebelumnya di bagian satu kita membahas sebagian penyebab sulit hamil, kini kita lanjutkan lagi kenapa susah hamil.

4.       Terlalu kurus

Gangguan siklus haid pada umumnya dialami oleh wanita yang sangat kurus, misalnya pada wanita atlet lari jarak jauh, model, penari balet, ataupun mereka yang mengalami pengurangan berat badan secara signifikan dan mendadak. Bisa dimengerti karena dalam tubuh, lemak antara lain berfungsi melancarkan metabolisme. Terlalu kurus adalah tidak baik dan terlalu gemuk juga tidak baik, oleh karena itu milikilah badan yang ideal yaitu yang tidak terlewat kurus dan tidak kegemukan yakni badan yang sedang.

Mengonsumsi makanan yang bergizi amat sangat penting agar badan menjadi sehat dan bugar, namun berhati-hatilah dengan makanan yang berlemak, karena kegemukan juga tidak baik. Jadikanlah hidup sehat dengan cara menjaga pola makan dan tidur yang cukup serta jangan lupa berolahraga yang cukup. Karena, dengan demikian hidup kita akan lebih nyaman.


5.       Hidup dalam Lingkungan yang Berpolusi

Hidup dalam lingkungan yang kotor yang berpolusi dapat menyebabkan seseorang susah hamil, karena lingkungan yang berpolusi dapat mengurangi kesuburan. Salah satunya, polusi udara akibat kebiasaan merokok maupun buang timbale dari kendaraan bermotor. Mereka yang senantiasa-tanpa sengaja-terkena zat-zat polutan terbukti mengalami penurunan kualitas sperma. Begitu juga, pemakaian ganja, kokain, dan heroin disinyalir juga dapat menyebabkan gangguan sekresi hormon gonadotropin dan prolaktin yang berujung pada terhambatnya pelepasan sel telur pada wanita.

Oleh karena itu, bagi laki-laki dan wanita muda sebaiknya tidak merokok demi menjaga kesehatan. Sebab, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan ilmuwan Kanada menyebabkan bahwa ternyata rokok terbukti bisa merusak sperma dan mewariskan kerusakan genetik dari seseorang ayah ke anaknya. Seperti dilansir dari Reuters, Minggu (03/06), “Studi yang dilakukan pada tikus ini menunjukkan bahwa rokok menyebabkan perubahan DNA pada sel sperma, dimana mutasi seperti itu diketahui bersifat permanen. Jika diwariskan, mutasi ini menunjukkan perubahan yang tidak dapat dikembalikan seperti semula dari komposisi genetiknya,” jelas Carole Yauk dari Divisi Penanganan Racun dan Kesehatan Lingkungan Kanada, yang memimpin penelitian.

Sebelumnya, telah diketahui bahwa ibu hamil yang merokok bisa mencederai janin yang dikandungannya, dan disini kami menunjukkan fakta bahwa seorang ayah pun secara potensial bisa merusak calon penerusnya bahkan sebelum bertemu pasangannya. Yauk dan rekannya meneliti sel yang memproduksi sperma tikus yang secara kontinu dipapar dengan asap rokok selama enam atau dua belas minggu, dan seluruh mamalia terus melanjutkan memproduksi sperma. Hasilnya, mereka menemukan bahwa terjadi mutasi sebanyak 1,7 kali pada sel DNA tikus yang terpapar asap rokok dibandingkan pada tikus yang tidak terpapar asap rokok setelah dua belas minggu, dan 1,4 kali mutasi setelah enam minggu.

Kesimpulan ini menunjukkan bahwa kerusakan tergantung pada lamanya durasi terpapar asap rokok. “Jadi, semakin lama Anda merokok, maka akumulasi mutasi akan semakin besar dan makin besar potensi dampaknya pada sel sperma Anda,”terang Yauk. Dalam sebuah penelitian lain juga menyebutkan, hampir sebagian besar pria yang menjalani program bayi tabung adalah perokok. Lebih dari itu, studi juga mencatat bahwa suami perokok memiliki kemampuan lebih rendah untuk menghamili istrinya dari pada suami yang tak merokok.

6.       Sering Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Anak muda biasanya sangat akrab dengan kehidupan alkohol. Bahkan, bagi remaja yang gaul, bisa dibilang ketinggalan jika ia tidak mengonsumsi minuman yang beralkohol. Meskipun telah dilarang oleh pemerintah, namun minuman beralkohol dapat dengan mudah ditemui diwarung-warung tertentu. Padahal, mestinya minuman memabukkan ini hanya bisa ditemukan ditempat-tempat khusus yang mengantongi izin. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya kesadaran dari mereka yang menyukai alkohol tentang bahaya alkohol bagi tubuh. Bahaya alkohol secara langsung antara lain: bicara cadel, jalan limbung, mata dan muka merah, mudah marah dan tersinggung, bicara melantur, dan kehilangan konsentrasi. Bahkan, bisa menyerang saraf yang menyebabkan seseorang hidup tidak normal alias tidak nyambung.

Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi kita semua agar menyadari bahwa sesungguhnya minuman yang beralkohol tersebut dapat membahayakan diri kita sendiri, karena mengonsumsi minuman tersebut dapat mengancam keselamatan diri kita sendiri. Akhir-akhir ini, dimedia massa ataupun dimedia cetak marak diberitakan tentang pemuda yang tewas akibat mengonsumsi minuman alkohol, terlebih minuman keras oplosan. Ketika seseorang mengonsumsi minuman beralkohol, pikirannya pun tidak normal seperti biasanya, maka tidak jarang dari mereka yang banyak berbuat keonaran. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan beralkohol memiliki banyak dampak negatif dari pada positifnya. Bahkan, dalam jangka waktu tertentu, mengonsumsi minuman yang beralkohol dapat memepengaruhi kerja tubuh dan pikiran, mengganggu pertumbuhan tubuh, menambah kondisi stres, memperlambat aktivitas, dapat mengubah emosi, menekan fungsi otak, merusak pancreas dan sistem saraf tanpa disertai rasa sakit, melahirkan bayi autis atau abnormal bagi wanita hamil, meracuni janin, merusak jantung, memicu kanker payudara, mengurangi kesuburan, dan tekanan darah tinggi.

Dalam hal ini, yang ditekankan adalah dampak mengnsumsi alkohol yang dapat mempengaruhi kesuburan baik bagi laki-laki maupun wanita. Mengonsumsi alkohol pada wanita akan menekan produksi hormone estrogen dan progesterone, namun meningkatkan prolaktin yang akan menghambat proses ovulasi. Pada pria, alcohol akan menurunkan ukuran testis, volume semen (air mani), maupun konsentrasi (kepekatan), mobilitas (kecepatan bergerak), serta morfologi normal spermatozoa.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita meninggalkan minuman beralkohol tersebut, demi masa depan kita yang lebih baik. Bisa kita bayangkan, jika kita menjalani hidup dalam kondisi tubuh yang tidak sehat akibat minuman tersebut, bukankah kita sendiri yang rugi. Terlebih lagi jika kita merindukan kehadiran si buah hati dalam kehidupan rumah tangga, yang mana harapan tersebut akan hampa dikarenakan kita selalu bergaul dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Untuk solusi cepat hamil, Anda suami istri bisa konsumsi paket madu penyubur kandungan.   

Related Posts

Penyebab Sulit Hamil Bagian Dua
4/ 5
Oleh