Minggu, 15 Januari 2017

Kondisi Kehamilan Pada Trimester




A.      Trimester Pertama

Kehamilan bagi wanita yang sudah menikah adalah anugerah. Sebab, tidak semua wanita bisa merasakan proses alamiah itu. Sebagian wanita yang sudah menikah, bahkan tidak bisa hamil, meski sudah menikah puluhan tahun. Oleh karena itu, ibu hamil harus memperhatikan dan menjaga kandungan dengan maksimal hingga waktu melahirkan tiba. Pemeriksaan dilakukan pada saat-saat dibawah ini.


1.       Triwulan I, usia kandungan 0-12 minggu (0-3); pemeriksaan dilakukan tiap bulan.
2.       Triwulan II, usia kandungan 13-28 minggu (5-7); pemeriksaan dilakukan tiap bulan.
3.       Triwulan III, usia kandungan 28-36 minggu (7-9); pemeriksaan dilakukan dua minggu sekali hingga sampai waktu melahirkan tiba.

Pemeriksaan janin dalam kandungan dan menjaga kesehatan tubuh sangat penting. Hal ini dilakukan supaya ibu hamil tidak mengalami mual, muntah, pusing, nyeri pinggang, gangguan gusi, dan hidung mudah berdarah, serta nyeri pada pergelangan tangan.
Selain jadwal pemeriksaan kandungan diatas, ada lagi hal-hal yang penulis rasa perlu disampaikan terkait masalah kandungan ketika memasuki bulan pertama, kedua, dan ketiga. Selanjutnya, ketiga bulan tersebut-berkaitan hal-hal yang perlu dijaga-akan diterangkan pada bagian berikut.

Bulan Pertama
Ibu yang sudah minum obat kesuburan sehingga bisa hamil setidaknya bisa mengonsumsi 400 mg asam folat setiap hari selama 12 minggu pertama pada usia kehamilan. Hal ini akan membantu menjaga janin dari cacat lahir. Berikutnya, berhenti merokok atau menjauhi asap rokok dan tidak minum alcohol adalah cara terbaik untuk menjaga kehamilan Anda. Makanlah roti atau biskuit sebelum Anda beranjak dari tempat tidur karena perut kosong akan menyebabkan mual-mual disertai pusing. Setelah itu, jalani hari Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi. Segeralah istirahat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Jangan lupa untuk berolahraga ringan setiap hari. Jika Anda sangat khawatir pada keguguran, jangan jadikan ketakutan itu mengganggu kebahagiaan kehamilan Anda. Ingat-ingat saja bahwa keguguran terjadi karena ketidaknormalan. Jadi, tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya dan tak ada pula alasan untuk menyalahkan diri sendiri bila hal itu sampai terjadi.

Bulan Kedua
Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan ketika hamil, yaitu jeroan yang bisa mengakibatkan cacat lahir; telur mentah atau dimasak setengah matang yang dapat meningkatkan risiko keracunan makanan; keju lunak yang sangat mungkin mengandung listeria, bakteri yang dapat menyebabkan kelahiran prematur.
Hormone-hormon kehamilan menyebabkan sel-sel pigmen kulit bekerja lebih keras sehingga ibu hamil menjadi ekstrasensitif terhadap sinar matahari. Hindari varises. Efek samping kehamilan ini akan timbul pada 10 minggu pertama kehamilan Anda. Mencegah timbulnya varises dengan cara memakai stocking khusus, memakai obat salep, atau konsultasi kepada dokter atau bidan Anda.

Bulan Ketiga
Pada bulan ketiga, keluhan umum dari ibu hamil biasanya menderita kekurangan zat besi. Walaupun tak ada hubungannya dengan kesehatan dan kekuatan janin yang dikandung, kurangnya zat besi membuat Anda cepat lelah dan letih. Pilihlah makanan yang kaya akan zat besi, seperti sereal, roti gandum, kol, bayam, biji-bijian, dan coklat. Sebagai tambahan, minum jus jeruk saat makan juga dapat membantu kerja zat besi dalam tubuh.
B.      Trimester Kedua

Bulan Keempat

Nafsu makan sudah mulai bertambah, karena rasa mual yang sudah mulai menghilang. Supaya rasa malas makan tidak terjadi, ingat-ingat sajalah bahwa Anda makan untuk bayi yang dikandung. Seringlah mengonsumsi sayur, buah dan makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, dan kalsium. Pastikan Anda mempunyai lingkungan kerja yang sehat, bebas rokok, tidak membuat stres, kelehahan berdiri sepanjang hari, mengangkat benda berat, dan bersentuhan dengan bahan kimia.

Bulan Kelima

Sudah tidak nyaman pada keadaan perut yang semakin lama semakin membesar. Tidak hanya cantik dan seksi, Anda perlu sehat dan bugar. Olahraga sangat penting untuk kelahiran agar mudah dan lancar, juga manjur untuk mengusir rasa ngantuk dan perut kembung. Gigi berlubang, masalah gigi dan gusi lainnya dapat memicu terjadinya preeklamsia atau kelahiran prematur.

Bulan Keenam

Saatnya berlibur atau refreshing bersama suami tercinta sebelum bayi Anda lahir. Jangan lupa berjalan-jalan kecil setiap jam dan goyangkan ibu jari kaki agar terhindar dari pembengkakan. Pada saat perut membesar dan punggung sering terasa sakit, lakukan pemijatan secara perlahan-lahan. Jangan berdiri atau duduk pada posisi yang sama dalam waktu lama, atau berusaha meraih barang yang letaknya diatas kepala. Kompres dengan air dingin juga akan membantu menghilangkan nyeri di punggung.

C.      Trimester Ketiga

Bulan Ketujuh

Pada bulan ini, sakit serius yang berhubungan dengan kehamilan sering kali terjadi. Memang sangat jarang dialami oleh ibu hamil, namun tak ada salahnya bagi Anda untuk tetap rajin memeriksakan kehamilan pada dokter atau bidan Anda. Perhatikan pula perubahan aneh, seperti tangan dan kaki bengkak, gatal kronis, lelah yang luar biasa, dan nyeri dibawah perut. Mulailah mengikuti senam hamil dan ikutilah teknik-teknik pernapasan serta relaksasi agar ketika melahirkan menajdi mudah dan lancar.

Bulan Kedelapan

Bagi ibu hamil, jangan terlalu banyak pikiran karena akan menyebabkan stres. Mulailah berpikir positif, tenang dan santai. Hasil riset menyebutkan stres tertinggi selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir berukuran kecil. Berikan waktu luang minimal 20 menit dalam sehari. Bacalah buku kesukaan Anda, dengarkanlah lagu lewat MP3 player atau radio, atau mandi berendam setelah pusing kerja. Pada kedelapan ini, Anda boleh makan lebih banyaj dengan menambah 200 kalori per hari dalam menu makanan Anda.

Bulan Kesembilan


Seringnya ke kamar mandi sangatlah tidak enak bagi ibu hamil bila hampir setiap jam dialaminya. Sebaiknya, ibu segera berhenti minum setelah jam 20.00, terutama teh, kopi, atau soft drink sehingga kandung kemih tidak penuh. Mulailah tidur dibantu dengan mendengarkan music yang tenang. Bila tetap tidak bisa tidur, Anda juga bisa melakukan aktivitas membaca atau melakukan teknik relaksasi. Suasana kamar yang tenang dan temaram juga akan sangat membantu proses relaksasi. Atau coba gerakan ini: berbaring miring bertumpu pada badan sebelah kiri, tekuk lutut dan letakkan bantal dibawah perut. Minum teh rasa raspberry (bisa diperoleh di supermarket) pada 8 minggu terakhir kehamilan Anda karena akan membantu menguatkan rahim. Hindari perobekan kulit dan otot perenium dengan memijat daerah perineum-daerah antara vagina dan anus-dengan minyak zaitun.

Related Posts

Kondisi Kehamilan Pada Trimester
4/ 5
Oleh