Senin, 27 Februari 2017

Cepat Hamil dengan Pola Hidup Sehat Bagian 2

Rumah yang kita tempati setiap hari merupakan tempat berkembang biak ribuan bahkan jutaan mikroorganisme baik yang berbahaya maupun yang tidak berbahaya. Mikroorganisme berbahaya bakal semakin berkembang baik dengan suburnya jika kebersihan lingkungan rumah tak kita jaga dengan baik, berbagai jenis mikroorganisme dapat masuk melalui berbagai rute seperti melalui pencernaan, pernapasan, dan juga kulit. Mikroorganisme yang masuk melalui sistem pencernaan sebagian besarnya akan menginfeksi organ-organ pencernaan, begitu pula mikroorganisme yang masuk melalui pernapasan dan kulit akan mengganggu organ-organ tersebut.



Tetapi ada pula mikroorganisme yang mengganggu organ-organ diluar rute masuknya, sebagai contoh toxoplasma yang biasa terdapat pada kotoran burung atau kucing akan dapat masuk ke pembuluh darah dan menginfeksi janin yang ada dalam kandungan, contoh lainnya adalah bakteri yang masuk melalui pernapasan yang kemudian menginfeksi selaput otak serta menimbulkan penyakit meningitis. Mengingat infeksi yang berbahaya dari mikroorganisme tersebut, ada baiknya Anda menjag kebersihan lingkungan rumah agar terbebas dari perkembangbiakan mikroorganisme.
Bersihkan rumah setiap hari dengan cara menyapu, mengepel dan membersihkan debu-debu yang menempel diperabotan rumah Anda. Bersihkan perabotan dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang juga mengandung zat antibakteri yang aman bagi rumah tangga, singkirkan tumpukan perabotan yang sudah tak terpakai untuk mengurangi area lembap didalam rumah, gantilah sprei dan sarung bantal atau guling setiap minimal satu minggu sekali dan jemurlah kasur tidur untuk menghilangkan mikroorganisme yang telah berkembang biak. Banyak jenis mikroorganisme yang akan mati jika terkena cahaya matahari langsung, jadi upayakan untuk membuka semua jendela agar rumah senantiasa terpapar sinar matahari, selalu ingat bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati.
Perbanyak Jalan Kaki
Olahraga mestinya sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari, olahraga memiliki fungsi utama untuk menjaga kebugaran tubuh baik secara umum maupun untuk kebugaran organ-organ dalam kita. Otot dan tulang tubuh manusia membutuhkan aktivitas atau pergerakan rutin untuk menjaga agar tidak mengalami kekakuan sendi atau bahkan pengecilan otot. Saat otot-otot bergerak, secara otomatis pembuluh darah yang ada didalamnya akan terus memberikan nutrisi agar otot tidak kehabisan bahan pembentuk energi pergerakan tersebut. Apabila otot kita tidak pernah bergerak, tubuh akan menganggap kalau otot tersebut tak terlalu membutuhkan asupan nutrisi atau energi sehingga lama-kelamaan otot akan mengecil karena kekurangan nutrisi. Selain itu, proses pergerakan otot ternyata salah satu pemicu pembentukan energy didalamnya sehingga pertumbuhan otot berjalan normal.
Fungsi lain dari olahraga adalah membantu membakar lemak yang tertimbun dalam tubuh, kelebihan lemak dapat menimbulkan risiko obesitas atau kelebihan berat badan pada seseorang. Obesitas yang akrab disebut dengan kegemukan ternyata mampu menurunkan kemungkinan hamil pada seorang wanita karena terganggunya proses pematangan sel telur (ovulasi), ini disebabkan pengeluaran hormone leptin yang diproduksi jaringan lemak dapat mengganggu kerja hormone reproduksi wanita (estrogen dan progesterone) sehingga bisa mengganggu pematangan dan pengeluaran sel telur. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi seorang wanita yang ingin cepat hamil untuk berolahraga teratur agar terhindar dari risiko obesitas.
Bagi Anda yang tidak menyukai olahraga berat atau bahkan tidak mampu membayar fasilitas olahraga tertemtu, Anda bisa melakukan olahraga dengan berjalan kaki ringan setiap hari. Luangkan waktu sekitar 15-30 menit dipagi atau sore hari untuk berjalan santai disekitar lingkungan rumah Anda. Jalan kaki merupakan salah satu jenis latihan aerobik (kebugaran tubuh) low impact yang memiliki risiko cedera cukup rendah dan dapat dilakukan oleh semua jenis umur. Apabila Anda seorang wanita karier yang bekerja dibelakang meja selama kurang lebih 7 jam dalam satu hari, ada baiknya jika menyempatkan untuk berjalan kaki misalnya mengantarkan berkas ke meja bos diruangan lain, makan siang diluar kantor atau berjalan kaki ke halte bus terdekat, sebanyak 120-200 kalori dapat terbakar hanya dalam waktu 30 menit berjalan kaki.
Berjalan kaki ringan disekeliling rumah juga bisa menjadi ajang rumah tamah dengan tetangga yang kebetulan Anda temui, suami juga bisa ikut menemani Anda sambil mengobrol hal-hal yang menyenangkan selama perjalanan, dengan begitu hal ini bisa menambah kemesraan dengan pasangan. Olahraga jalan kai tidak membutuhkan persiapan khusus, cukup dengan mengenakan baju yang nyaman dan menyerap keringat serta alas kaki yang nyaman dan aman, olahraga ini memang murah meriah tapi manfaatnya luar biasa.
Bersepeda Santai
Bersepeda santai keliling kampong atau kompleks perumahan dapat menjadi alternative olahraga ringan bagi wanita yang ingin cepat hamil. Saat Anda bersepeda banyak otot yang bergerak, khususnya otot-otot bagian kaki. Otot-otot paha menjadi terlatih dan lebih rileks. Otot-otot bagian panggul juga menjadi lebih kuat, hal ini nantinya akan berguna ketika proses persalinan.
Selain otot-otot kaki, otot bagian lengan juga menjadi lebih sehat karena harus mengendalikan laju sepeda yang kita naiki. Begitupula otot bagian bahu dan punggung menjadi lebih banyak bergerak saat kita membelokkan laju sepeda kita. Saat seluruh tubuh kita bergerak, aliran darah juga menjadi lancar sehingga kerja organ-organ tubuh juga lebih lancar dan sehat, termasuk organ reproduksi.

Anda tidak perlu memaksakan diri untuk bersepeda dengan rute yang jauh, sesuaikan dengan kemampuan tubuh dan juga waktu yang tersedia untuk bersepeda. Olahraga ini tidak bertujuan untuk perlombaan, jadi Anda tak perlu tergesa-gesa saat mengayuh sepeda, lakukan dengan santai dan beri kesempatan pada mata Anda untuk menikmati pemandangan disekitar rute yang dilewati. Bersepeda bukan hanya bertujuan bagi kesehatan fisik, tapi sekaligus menyegarkan jiwa kita, apalagi jika Anda seorang wanita karier atau pekerja yang setiap harinya hanya melihat layar monitor computer atau berada didalam ruangan tertutup, menikmati pemandangan luar ruangan tentu menjadi kegiatan menyenangkan. Pilih rute yang tidak terlalu banyak dilewati kendaraan bermotor atau bisa juga bersepeda dikawasan car free day, jika Anda kesulitan menemukan lokasi bersepeda yang nyaman, buatlah jadwal rutin untuk bersepeda dan ajak suami atau teman untuk lebih menceriakan suasana.
Keamanan dan kondisi sepeda menajdi faktor utama saat ingin bersepeda. Cek terlebih dahulu kondisi sepeda seperti kekuatan stang sepeda, kenyamanan jok tempat duduk, kondisi velg, serta ban sepeda. Bila semuanya sudah bagus, cek kondisi kesehatan Anda sendiri tidak usah dipaksakan jika tubuh Anda sedang tidak sehat. Gunakan hel khusus bersepeda sebagai bagian pencegahan cedera. 

Baca juga: Madu Penyubur Kandungan  
Berenang
Apabila Anda tidak suka olahraga outdoor, olahraga air bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk Anda, olahraga air yang paling mudah dan tidak membutuhkan banyak peralatan adalah berenang, olahraga ini cukup disenangi banyak orang karena selain melatih otot-otot, seluruh tubuh yang terkena air akan membuat tubuh terasa segar. Namun apabila Anda tidak bisa berenang, tidak ada salahnya Anda menjalani kursus berenang pada pelatih-pelatih renang yang biasa disediakan oleh pihak pengelola kolam renang, hal tersebut akan membantu Anda tentunya.
Berenang memang terbukti menjadi salah satu jenis olahraga yang dapat memperkuat seluruh otot tubuh, memperlancar aliran darah, serta melatih paru-paru, serta berenang seluruh otot tubuh bergerak dari mulai otot leher hingga otot kaki yang efeknya akan memperlancar aliran darah. Saat berenang, kita harus dapat mengatur napas atau keluar masuknya udara ke dalam paru-paru kita, karena itu berenang bisa melatih paru-paru dan membuatnya menjadi lebih sehat. Perlu diperhatikan, apanila Anda menderita asma atau gangguan pernapasan lainnya, konsultasikan terlebih dahulu dengan petugas kesehatan agar tidak menimbulkan risiko tinggi saat berenang.
Sebaiknya berenang dilakukan sebelum dan setelah masa ovulasi atau masa subur wanita, pada masa subur kemungkinan ada proses pembuahan yang berlanjut pada kehamilan, untuk menghindari risiko keguguran, seorang wanita tak dianjurkan melakukan olahraga atau aktivitas yang berat jadi ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan atau pengecekkan kehamilan. Apabila Anda tetap ingin berenang, lakukan gerakan-gerakan ringan yang tidak akan membuat Anda terlalu lelah.
Pilih pakaian renang yang nyaman dan pas ditubuh Anda, jangan terlalu ketat atau terlalu longgar karena dapat mengganggu pergerakan tubuh, sebaiknya pilih kolam renang yang bersih dan tidak terlalu ramai untuk menghindari kontaminasi bakteri atau kuman pada kulit. Bila terpaksa harus berenang dikolam renang umum yang ramai, pastikan Anda mandi menggunakan sabun atau tidak hanya menggunakan air saja, usahakan bawa alat-alat mandi sendiri sehingga Anda tak perlu meminjam peralatan mandi pada ke orang lain. Pinjam-meminjam alat mandi dapat menjadi media penularan penyakit kulit.
Berkebun 
Kegiatan berkebun bisa dikatakan sebagai alternatif olahraga ringan bagi Anda yang tidak suka berolahraga atau melakukan aktivitas olahraga khusus. Berkebun tidak harus dilakukan dikebun atau ladang yang luas, kegiatan ini bisa dilakukan diteras rumah yang mungkin hanya berukuran 2x2 meter pesegi, Anda tidak harus menyiapkan berbagai jenis tanaman, hanya dengan 3 atau 5 pot berukuran sedang hingga besar sudah bisa sedikit membuat Anda berkeringat.
Kegiatan berkebun bisa dimulai dengan membersihkan teras atau halaman rumah Anda, singkirkan dan rapikan barang-barang yang tidak terpakai agar area untuk tanaman lebih luas. Apabila halaman rumah sudah berupa tanah, gemburkan tanah agar mudah ditanami, apabila Anda tidak bisa menggunakan cangkul besar cukup gemburkan area tanah yang hendak ditanami. Apabila halaman Anda bukan berupa tanah, maka siapkan pot-pot tanaman yang ukurannya disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Ambil tanah yang telah diberi pupuk yang bisa dibeli dipenjual tanaman, siapkan pula jenis tanaman yang akan ditanam sesuai selera Anda. Sebelum Anda membeli tanaman yang akan ditanam, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan penjual tanaman untuk mengetahui karakteristik tanaman yang Anda beli agar tidak salah perawatan. Setelah semuanya siap, baru lakukan kegiatan menanam dilahan tanah atau didalam pot-pot tanaman, rapikan dan tata taman kecil Anda agar rumah terlihat lebih cantik.


Kegiatan berkebun dapat dilakukan diwaktu senggang, misalnya selama 1 hingga 2 jam, apabila dalam waktu tersebut kegiatan berkebun belum selesai, bisa Anda lanjutkan esok hari. Jadi, kegiatan ini bisa dilakukan setiap hari dengan rutin yang pada akhirnya dapat sekaligus melakukan perawatan tanaman yang sedang dalam proses pertumbuhan. Kegiatan ini mungkin terlihat sepele namun ternyata bisa menjadi latihan ringan otot-otot tubuh dengan cara yang menyenangkan. Ketika Anda mengangkat pot atau mengangkat beberapa kilogram tanah, berarti Anda sudah melatih otot tangan dan kekuatan tubuh bagian tengah, kemudian ketika Anda berjongkok dan berdiri berkali-kali, hal ini akan dapat melatih otot bagian kaki.
Berkebun juga bisa menjadi ajang pelepas stress setelah seharian berkutat dengan kegiatan kantor bagi Anda wanita bekerja, segarnya warna daun serta khas aroma tanah bisa menjadi sensasi tersendiri dalam melepaskan stress. Ketika tangan Anda menyentuh tekstur tanaman dan berkotor-kotor dengan tanah, akan terasa seperti menyentuh alam meski hanya dihalaman kecil rumah Anda. Kepuasan yang didapat saat melihat tanaman tumbuh subur akan terasa menyenangkan dikala Anda sedang mengalami stress. Bila tubuh sehat dan jiwa juga tenang, proses pembentukan sel telur juga turut menjadi sehat dan teratur setiap bulannya sehingga kemungkinan untuk hamil akan semakin besar.
Yoga  
Pilihan alternatif olahraga lainnya adalah yoga. Olahraga ini semakin dikenal sebagai olah tubuh sekaligus berfungsi sebagai relaksasi dan pembersihan jiwa. Latihan yoga sebagian besar merupakan latihan kelenturan otot, relaksasi, melatih pernapasan, sekaligus melakukan meditasi atau menenangkan pikiran. Yoga mempunyai berbagai macam tingkatan, dari mulai yang ringan hingga yang cukup berat untuk dilakukan. Gerakan-gerakan yoga juga memiliki berbagai macam fungsi dari mulai melangsingkan tubuh hingga meningkatkan libido seksual. Oleh karena itu, pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan guru atau pelatih yoga agar bentuk latihan yang akan dilakukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah instruktur yoga yang telah bersertifikat dan tempat latihan yang nyaman, pilih juga pakaian yang nyaman, lentur dan menyerap keringat agar Anda bisa bergerak dengan optimal.
The Journal of Sexual Medicine menuliskan bahwa wanita yang mengikuti latihan yoga memiliki gairah seksual dan orgasme yang lebih baik. keduanya dibutuhkan supaya hubungan intim dengan suami menjadi lebih harmonis sehingga kemungkinan untuk hamil lebih besar. Ada 10 pose yoga yang dianjurkan untuk mendapatkan kedua manfaat tersebut, yaitu:
Sebelum melakukan latihan yoga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yitu:
-          Lakukan pemanasan terlebih dulu sebelum melakukan yoga, pemanasan sangat dibutuhkan agar tidak terjadi cedera.
-          Apabila saat latihan ternyata merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu, segera hentikan latihan.
-          Mulailah untuk berlatih gerakan-gerakan dasar hingga yang tersulit.
-          Tidak usah memaksakan diri untuk berlatih secara berlebihan karena hal tersebut malah akan membahayakan tubuh Anda sendiri.
-          Berlatihlah dengan instruktur yoga professional. Bila ingin berlatih sendiri dirumah, lakukan gerakan-gerakan ringan yang tidak membahayakan tubuh.

Related Posts

Cepat Hamil dengan Pola Hidup Sehat Bagian 2
4/ 5
Oleh