Senin, 27 Februari 2017

Tips Cepat Hamil dengan Pola Hidup Sehat

Manusia lahir ke dunia adalah atas kuasa Tuhan Yang Maha Esa, begitu pula garis kehidupannya yang sudah ditetapkan oleh kuasa-Nya. Oleh karena itu masing-masing individu manusia juga semestinya mempunyai hubungan dengan Yang Maha Kuasa, bentuk hubungan itu biasanya ditunjukkan dengan ibadah, ritual atau pelaksanaan ibadah disesuaikan dengan agama serta kepercayaan masing-masing individu. Ibadah bukan hanya berfungsi sebagai penghubung antara manusia dan Tuhan, tetapi juga berfungsi sebagai pengisi jiwa atau spirit manusia.
Saat beribadah kita menjadi lebih tenang karena merasa ada Tuhan yang senantiasa ada untuk kita baik dalam keadaan susah maupun senang. Rasa tenang ini yang kemudian dapat meredakan rasa tegang kita disaat stress melanda. Rasa tenang ini yang juga dapat membuat kita lebih rileks dan mampu mencari pemecahan atas masalah-masalah yang mungkin sedang melanda kita.
Tak hanya dari segi psikologis saja, rasa tenang yang ditimbulkan dari beribadah juga ternyata berimbas pada kondisi fisik. Ketika stress, tubuh kita memproduksi berbagai macam hormone dan zat kimia yang juga memengaruhi kerja tubuh secara keseluruhan, contohnya tekanan darah dan denyut nadi menjadi meningkat serta penurunan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita mudah terserang 
penyakit. Sebaliknya saat jiwa kita tenang, tubuh kita juga ikut menjadi tenang dan berfungsi optimal. 

Bagi pasangan yang belum juga memiliki momongan dalam waktu yang lama, ada baiknya meningkatkan ibadah pada Tuhan untuk meningkatkan jiwa ikhlas dan tidak putus asa dalam berusaha. Prinsipnya adalah tetap berusaha diiringi dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Terkait dengan sistem reproduksi, tubuh yang berfungsi optimal akan berpengaruh pada fungsi reproduksi pula. Proses produksi sperma menjadi lebih optimal sehingga kuantitas dan kualitasnya pun menjadi baik. begitupula dengan indung telur (ovarium) yang mampu mengeluarkan sel telur setiap bulannya karena kerja hormone estrogen dan progesterone tidak terganggu karena stress.


Tidur Minimal 6 Jam Per Hari
Tubuh manusia diibaratkan seperti mesin yang bekerja terus menerus selama 24 jam, karena itu ada kalanya tubuh kita perlu diistirahatkan agar tidak selalu bekerja dengan keras. Saat beristirahat tubuh akan menurunkan metabolismenya dan melakukan refresh (penyegaran) pada sel-sel serta organ-organnya, istirahat yang paling baik bagi tubuh adalah tidur nyenyak dengan durasi yang cukup. Tiap jenjang usia manusia mempunyai kebutuhan tidur masing-masing terkait dengan proses pertumbuhannya, makin tua usia seseorang makin berkurang pula kebutuhan tidurnya. Pada usia bayi dianjurkan untuk tidur setidaknya 10 jam sehari dan pada orang dewasa hingga lansia dianjurkan untuk tidur 6-8 jam per hari.
Ketika kita tidur, tubuh melambatkan beberapa kerja organ-organ tubuh seperti: pernapasan, detak jantung, dan bahkan kerja otak, pada saat kerja tubuh melambat metabolisme dalam tubuh juga ikut melambat sehingga energi yang dikeluarkan  pun ikut menurun. Kerja sel-sel didalam tubuh tak lagi terfokus pada penghasilan energi, namun lebih pada penyegaran serta penggantian sel-sel yang telah mati dengan sel-sel baru melalui proses pembelahan sel. Selain itu, penyerapan nutrisi berjalan lebih optimal pada saat tubuh sedang dalam keadaan tidur.
Tidur yang berkualitas atau tidur nyenyak tanpa terbangun ditengah malam serta dengan kuantitas yang cukup, hal ini juga dapat membantu regenerasi sel-sel pada organ reproduksi. Regulasi hormone reproduksi, misalnya estrogen, progesterone, serta testosterone juga berjalan lebih baik saat tubuh kita cukup istirahat dan cukup tidur. Tubuh akan menjadi lebih bugar bila cukup tidur dan efeknya saat melakukan hubungan intim Anda tidak menjadi cepat loyo.
Ingin Hamil, Tinggalkan Alat Kontrasepsi 


Kontrasepsi merupakan satu cara menunda kehamilan dengan menggunakan alat bantu tertentu baik yang diminum, dipasang, maupun cara alami.  Kontrasepsi sering digunakan oleh pasangan yang belum ingin memiliki anak atau pasangan yang ingin memberikan jarak kelahiran antara satu anak dengan anak berikutnya, kebanyakan pasangan yang baru menikah memang ingin cepat memiliki buah hati, namun ada juga yang ingin menundanya karena berbagai alasan.

Bagi Anda pasangan yang ingin menunda kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi namun ingin cepat hamil setelah tidak menggunakan alat kontrasepsi, ada baiknya Anda memahami penggunaan alat kontrasepsi yang tidak sesuai aturan dapat membahayakan kerja organ reproduksi Anda. Berikut ini beberapa alat kontrasepsi yang sering digunakan yaitu:
-          Kondom Pria: alat kontrasepsi ini khusus digunakan pada pria yang umumnya terbuat dari lateks. Kondom dipasangan pada penis untuk menampung sperma sehingga tidak akan masuk ke dalam vagina.
-          Pil kontrasepsi (pil KB): kontrasepsi ini berbentuk pil kecil yang harus dikonsumsi setiap hari oleh wanita. Pil KB sifatnya memanipulasi hormone estrogen dan progesterone agar tidak terjadi proses pengeluaran sel telur (proses ovulasi) sehingga diharapkan tidak akan terjadi pembuahan.
-          Iud (Intra Uterine Devices): alat kontrasepsi ini langsung dimasukkan ke dalam rahim, orang awam kerap menyebutnya sebagai alat spiral. Fungsi IUD adalah untuk memanipulasi kondisi rahim dan sekitarnya sehingga sperma yang masuk akan langsung mati sebelum sampai ke saluran indung telur.
-          Suntik KB: kontrasepsi jenis ini menggunakan suatu zat yang menyerupai hormone reproduksi wanita yang disuntikkan setiap 1 bulan atau 3 bulan. Tujuannya adalah untuk memanipulasi kerja hormone reproduksi sehingga proses ovulasi tidak terjadi atau bakal calon sel telur (ovum) tidak dapat terbentuk sempurna hingga pembuahan juga tidak dapat terjadi.
-          Cara alami: kontrasepsi ini memanfaatkan masa subur seorang wanita. Intinya adalah pasangan suami istri dilarang berhubungan intim pada masa-masa subur sang istri agar tidak terjadi kehamilan.
Masing-masing alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan serta efek samping yang berbeda, karena itu berkonsultasilah terlebih dahulu pada petugas kesehatan jika ingin menggunakan alat kontrasepsi khususnya yang bersifat hormonal seperti suntik atau pil. Karena jika alat kontrasepsi digunakan dengan sembarangan akan memberikan efek negatif bagi sistem hormonal tubuh. Untuk penggunaan kontrasepsi yang relatif aman tanpa harus berkonsultasi adalah komdom dan cara alami, naum hati-hati bagi Anda yang alergi terhadap karet atau lateks, jangan sekali-kali menggunakan kondom. Pada intinya semua alat kontrasepsi aman jika digunakan sesuai aturan dan jangan memaksa untuk menggunakannya bila Anda memiliki alergi atau kondisi-kondisi yang akan menjadi berbahaya jika Anda menggunakan alat kontrasepsi tertentu.
Hati-Hati Mengonsumsi Jamu Tradisional
Meski zaman sudah modern, masih banyak orang khususnya di Indonesia yang memercayai segala sesuatu hal yang berbau tradisional seperti upacara-upacara adat, mitos akan suatu hal dan lain sebagainya. Salah satu hal tradisonal yang saat ini masih dilestarikan di Indonesia adalah jamu atau ramuan, dan berbahan dasar dari bahan-bahan alami yang dipercayai memiliki khasiat tertentu.
Saat ini sudah banyak jamu yang dikembangkan dan diproduksi disuatu pabrik modern sehingga memenuhi standar mu terbaik. Pemerintah Indonesia telah memberikan regulasi mengenai produk-produk jamu tradisional yang memang sudah teruji mutu dan telah layak konsumsi serta tidak berbahaya bagi tubuh. Saat ini ingin mengonsumsi jamu, ada baiknya Anda membaca kandungan yang terdapat dalam jamu tersebut serta apakah jamu tersebut memiliki izin edar dari Depkes dan BPOM.
Meski sudah mempunyai izin edar, terkadang masih ada saja produsen jamu yang nakal dengan mencampur bahan-bahan alami dengan obat-obatan yang mengandung zat kimia tertentu, tujuannya agar jamu tersebut memiliki efek yang lebih kuat dan manjur, padahal pencampuran obat-obatan dengan tidak melalui petunjuk orang yang ahli dapat membahayakan kesehatan seperti gangguan jantung, saraf, dan gangguan sistem hormone reproduksi, oleh karena itu berhati-hatilah saat mengonsumsi jamu tradisional yang dijual dipasaran.
Ada baiknya Anda mengonsumsi jamu yang diproduksi oleh pabrik jamu berstandar nasional supaya lebih aman, jangan mudah percaya pada promosi sejumlah produsen jamu yang mengklaim bahwa jamu yang diproduksinya sangatlah manjur dan tidak memiliki efek samping, lebih aman jika Anda membuat jamu sendiri dirumah, pilihlah bahan-bahan alami berkualitas baik dan jagalah kebersihan saat Anda membuat jamu, sering-seringlah mencari informasi mengenai bahan-bahan alami yang dapat dibuat jamu dirumah beserta khasiat dan manfaatnya.
Gunakan Alat Rumah Tangga Berbahan Aman
Tanpa kita sadari beberapa alat rumah tangga yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari ternyata mengandung racun yang berbahaya jika kita terpapar dalam waktu lama, racun tersebut dihasilkan dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat alat-alat tersebut, salah satu bahan berbahaya yang sering ada dalam rumah tangga adalah Teflon. Bahan ini sering digunakan untuk membuat berbagai alat rumah tangga antilengket seperti wajan atau panci.
Teflon mengandung PFOA yang dikenal mempunyai senyawa yang dapat mengganggu sistem endokrin (hormonal) manusia, sayangnya bukan hanya Teflon yang mengandung PFOA, bahan penghilang noda, produk makanan kemasan, dan kosmetik juga mengandung senyawa kimia ini. Bahan lain yang juga berbahaya yang banyak terkandung pada alat rumah tangga berbahan plastik, yaitu bisphenol A atau disingkat BPA, zat kimia ini dapat terlepas pada saat plastik dipanaskan atau terkena suhu tinggi dan bisa tertelan oleh kita apabila wadah tersebut digunakan untuk tempat makanan. Efek negatif BPA diantaranya adalah: obesitas, gangguan otak dan fungsi tiroid, kanker, bahkan penyakit jantung dan penurunan produksi sperma maupun kekebalan tubuh, serta pubertas dini dan kekacauan regulasi hormonal termasuk hormone reproduksi.
Untuk mengurangi paparan racun rumah tangga sebaiknya gunakan alat rumah tangga yang tak mengandung Teflon, minimalkan penggunaan wadah plastik dan gantilah dengan wadah kaca jika memungkinkan. Apabila terpaksa menggunakan bahan plastik, gunakan wadah plastik yang bertanda “BPA Free” atau amati angka pada bagian dalam tanda panah melingkar segitiga yang sering ada dalam kemasan plastik. Apabila angka yang tertera didalamnya adalah angka 7 maka kemungkinan wadah tersebut mengandung BPA, apabila Anda menemukan tulisan PC pada wadah tersebut, berarti wadah tersebut menggunakan polikarbonat yang terbuat dari BPA. Saat Anda menemukan wadah plastik yang mengandung BPA, jangan gunakan dalam suhu tinggi atau sebisa mungkin gunakan dalam keadaan dingin supaya tidak ada pelepasan ikatan zat kimia yang terjadi.

Baca juga: Madu Penyubur Kandungan 

Related Posts

Tips Cepat Hamil dengan Pola Hidup Sehat
4/ 5
Oleh