Jumat, 17 Maret 2017

Tips Buat Pria agar Sperma Subur



Seorang pria sehat dapat memproduksi sperma sepanjang hidupnya, setiap militer (ml) air mani yang dikeluarkan saat berhubungan intim dapat mengandung hingga 120 juta sperma. Oleh karena itu bisa dikatakan seorang pria diberi anugerah kesuburan sepanjang hidupnya asal sperma yang dihasilkan berkualitas baik dan jumlahnya juga mencukupi. Organ reproduksi pria yang bertugas memproduksi sperma disebut dengan testis yang terletak didalam skrotum untuk mempertahankan suhu serta  melindunginya dari benturan dan kemungkinan cedera.
Testis mampu bekerja memproduksi sperma dengan baik pada suhu yang sedikit lebih rendah dari suhu normal tubuh yaitu sekitar 35-36,2 derajat celcius, apabila suhu disekitar alat genital atau disekitar testis jauh lebih tinggi atau kurang sari suhu tersebut, fungsi testis menjadi terganggu yang pada akhirnya dapat mengakibatkan menurunnya jumlah dan kualitas sperma yang dihasilkan. Para pria kadang tidak menyadari beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu fungsi testis bila dilakukan secara terus menerus, salah satunya adalah kebiasaan memangku komputer jinjing (laptop) saat mengoperasikan alat elektronik tersebut. Bagian bawah laptop dapat menghasilkan panas yang setara dengan suhu didalam bak mandi air hangat. Saat memangku laptop dalam waktu yang lama, area disekitar genitalia pria kemungkinan besar juga terpapar suhu panas yang dikeluarkan oleh laptop. Kebiasaan tersebut apabila dilakukan setiap hari, kemungkinan kualitas dan jumlah sperma menjadi tidak optimal diproduksi oleh testis. Akibat buruknya, sperma tidak akan mampu bergerak hingga indung telur (tuba fallopi) untuk membuahi sel telur (ovum). akibat buruk lainnya, meski sperma mampu membuahi ovum, kualitas gen yang ada didalam sperma kemungkinan cacat sehingga calon jabang bayi dapat mengalami cacat congenital (cacat lahir).
Untuk mengurangi efek panas dari laptop tersebut, gunakanlah bantalan dipangkuan saat menggunakan laptop. Pilihlah bantalan yang terasa nyaman dan bentuknya pas dipangkuan agar tidak mengganggu saat menggunakan laptop. Ada anjuran agar laptop ditempatkan pada permukaan yang keras, apabila Anda tidak tidak memiliki bantalan yang keras, gunakan cooling pad agar laptop tetap berada dipermukaan yang keras meski Anda menggunakan bantalan yang lunak dipangkuan Anda. Selain itu, cooling pad juga dapat mendinginkan suhu pada bagian bawah laptop sehingga lebih aman untuk digunakan.

Baca juga: Madu Penyubur Pria
Jangan Terlalu Sering Berendam di Bak Air Hangat atau Panas
Berendam didalam bak untuk melepaskan penat setelah seharian beraktivitas memang sangat menyenangkan. Salah satu fungsi air hangat adalah untuk membuka pembuluh darah sehingga peredaran darah menjadi lancar serta memberikan efek relaksasi pada otot-otot yang tegang, oleh karena itu Anda akan merasa lebih rileks saat berendam dibak air hangat. Bahkan beberapa orang kaya memasang bath tub khusus air hangat yang biasa disebut dengan Jacuzzi agar dapat menikmati nyamannya berendam dalam air hangat. Namun dibalik nyamannya berendam diair hangat, ada efek negatif pada testis apabila dilakukan terlalu sering.
Testis merupakan organ penghasil sperma yang dapat bekerja optimal pada suhu 35-36,2 derajat celcius. Pada suhu jauh dibawah atau jauh diatas nilai tersebut dapat menjadikan proses pembentukan sperma menjadi terganggu sehingga jumlahnya berkurang dan kualitasnya menurun. Oleh karena itu para pria tak dianjurkan berada dilingkungan yang terlalu panas atau dingin, setidaknya daerah genitalnya terlindung dari suhu yang terlalu panas atau dingin. Berendam didalam bak air hangat terlalu lalu dan terlalu sering menjadikan area testis berada pada suhu yang panas, apabila Anda hanya berendam satu dua kali dalam satu bulan mungkin tidak akan berbahaya, namun apabila Anda melakukannya dua kali dalam sehari akan berisiko merusak fungsi testis. Jadi ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan berendam diair hangat apabila Anda ingin sperma Anda selalu sehat dan siap membuahi sel telur (ovum).

Related Posts

Tips Buat Pria agar Sperma Subur
4/ 5
Oleh