Senin, 27 Februari 2017

Diet agar Cepat Hamil Bagian 3

Jarang ada yang mengetahui kalau asam folat sebenarnya adalah vitamin B9 atau masuk dalam golongan vitamin B kompleks. Asam folat merupakan jenis vitamin yang larut dalam air sehingga sehingga sering kebutuhannya tidak terpenuhi karena proses pengolahan makanan yang tidak benar dan mengakibatkan hilangnya kandungan asam folat. Asam folat memiliki fungsi-fungsi dalam tubuh, oleh karena itu  kebutuhannya pun harus dipenuhi.




Fungsi pertama dari asam folat yaitu membantu pembentukan sel-sel otak khususnya pada janin. Sel-sel otak pada janin terbentuk mulai dari awal kehamilan dan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar sel-sel otak terbentuk sempurna serta tidak mengalami kecacatan pada saat dilahirkan. Pada orang dewasa, asam folat membantu megoptimalkan fungsi otak sekaligus mencegah kepikunan pada lansia. Fungsi otak yang optimal berarti pula bahwa pengaturan fungsi hormonal reproduksi dapat berjalan dengan baik dan kesuburan pun tidak terganggu. Fungsi lainnya yaitu membantu proses pembentukan sel darah merah (eritrosit) yang berfungsi menyalurkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Saat tubuh memiliki kandungan eritrosit yang cukup, risiko terjadinya anemia akan dapat dihindari dan tubuh senantiasa dalam keadaan sehat.
Asam folat juga dapat menurunkan kadar homocystein atau semacam protein atau asam amino yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah. Kadar homocystein yang tinggi dapat melukai pembuluh darah dan dapat memicu terbentuknya gumpalan atau plak didalam pembuluh darah, sebaliknya bila kadarnya rendah dapat membantu meredakan stress dan depresi. Hal ini sangat penting bagi seorang wanita yang ingin hamil untuk terbebas dari stress dan depresi agar fungsi reproduksi dan gairah seksual tak terganggu.
Sama seperti jenis vitamin yang lain, asam folat juga banyak terkandung dalam makanan kita sehari-hari. Asam folat banyak terkandung dalam sayuran hijau seperti: bayam,selada, brokoli, dan asparagus. Berbagai jenis buah seperti: blewah, jeruk, papaya dan stroberi juga mengandung asam folat. Untuk jenis lauk-pauk seperti: telur, hati sapi, dan berbagai jenis ikan dapat dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan asam folat. Anda juga dapat mengonsumsi susu sebagai tambahan asam folat dalam tubuh.
Konsumsi Zat Besi
Zat besi atau Fe merupakan salah satu zat penting khususnya dalam proses pembentukan sel darah merah serta transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi akan berikatan dengan hemoglobin untuk berperan dalam proses hematopoesis atau pembentukan sel darah merah. Selain itu zat besi yang terikat pada hemoglobin juga turut menyalurkan oksigen ke sel-sel diseluruh tubuh, oleh karena pentingnya fungsi zat besi ini, orang yang kekurangan zat ini akan mengalami anemia atau kadar sel darah merah yang kurang padahal untuk bisa cepat hamil seorang wanita haruslah senantiasa sehat serta sel-sel organ reproduksinya harus terpenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisinya.
Berdasarkan hasil penelitian, zat besi ternyata juga membantu proses ovulasi atau pembentukan sel telur (ovum) pada seorang wanita. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi cukup zat besi berisiko 40% lebih rendah dalam mengalami infterfilitas akibat kegagalan ovarium (indung telur). Oleh karena itu seorang wanita dianjurkan mengonsumsi cukup zat besi dalam asupan makanan sehari-harinya, kebutuhan zat besi dalam sehari pada wanita sebanyak 10 mg sedangkan pada pria sebanyak 8 mg.
Sumber zat besi banyak terdapat pada hati, daging merah, dan ikan. Pada sayuran hijau, zat besi banyak terdapat dibayam dan kangkung serta sayuran berwarna hijau lainnya. Karena tidak setiap hari kita dapat mengonsumsi sumber alami zat besi, kita dapat mengonsumsi suplemen tambahan zat besi. Perlu diperhatikan bahwa suplemen zat besi biasanya dapat menimbulkan efek samping mual dan rasa tak nyaman pada lambung. Oleh karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi zat besi 2-3 jam sebelum makan agar tidak menimbulkan muntah. Selain itu, kadar asam lambung yang cukup tinggi dapat memaksimalkan penyerapan zat besi. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi sumber vitamin C bersama dengan zat besi karena asam dari vitamin C juga akan membantu penyerapan zat besi.

Konsumsi juga: Madu Penyubur Kandungan 
Konsumsi Seng (Zinc)
Jenis mineral juga banyak berperan penting dalam metabolisme tubuh yang seng atau Zinc (Zn), mineral ini dibutuhkan oleh sekitar 200 enzim, hormone, dan protein termasuk DNA untuk membantu atau mengkatalisis reaksi-reaksi kimia metabolisme tubuh. Seng juga berperan dalam pertumbuhan pembelahan sel, pembentukan imunitas atau kekebalan tubuh, perkembangan seksual serta memperkuat fungsi pengecapan, dan peningkatan nafsu makan. Dalam perkembangan seksual, zinc membantu metabolisme hormone seksual khususnya testosterone yang merupakan hormone reproduksi khusus pria, hormone ini disamping berfungsi dalam pembentukan sperma juga berperan dalam menjaga sifat atau cirri kelaki-lakian seorang pria. Kecukupan seng dalam tubuh seorang pria dapat membantu menjaga jumlah dan kualitas sperma serta menjaga libido seksualnya, sedangkan kekurangan seng dapat menimbulkan pengecilan testis yang berakibat pada menurunnya jumlah dan kuantitas sperma.
Kebutuhan seng dalam seharinya pada orang dewasa rata-rata sebesar 15 mg dan tak boleh melebihi 40 mg karena akan mengakibatkan keracunan seng. Kebutuhan ini dapat dipenuhi melalui asupan makanan sehari-hari yang banyak mengandung seng, diantaranya:  daging sapi, daging ayam, ikan laut khususnya ikan cod, kerang atau tiram, susu, keju, beras, kelapa, dan kentang. Bahan-bahan lain seperti: kacang tanah, kacang panjang, almond, lobak, dan kacang polong juga dapat menjadi sumber seng meski kadarnya tidak terlalu tinggi. Perlu diperhatikan bahwa kadar seng yang terlalu tinggi dapat menghambat penyerapan mineral lain seperti zat besi atau tembaga, oleh karena itu asupan seng haruslah dijaga agar tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.
Anda bisa mengonsumsi seng melalui makanan yang mengandung seng setiap hari, namun bagi Anda yang vegetarian, asupan zinc dapat ditambah melalui suplemen tablet zinc karena tak banyak sumber nabati yang banyak mengandung seng dalam kadar mencukupi. Perlu diingat bahwa Anda harus diteliti melihat berapa banyak kadar seng didalam suplemen tersebut agar Anda tidak mengalami kekurangan atau bahkan keracunan seng.
Kurangi Konsumsi Junk Food
Istilah junk food tentu sering kita dengar, arti kata ini adalah “makanan sampah”. Istilah ini diberikan pada jenis makanan yang sebagian besarnya hanya mengandung karbohidrat dan lemak, serta hanya sedikit mengandung serat, vitamin, dan mineral. Makanan sampah dicirikan dengan cara pengolahannya yang digoreng serta ditambahi dengan bumbu-bumbu penguat rasa seperti garam atau saus, jenis makanan ini sekarang sudah lazim kita temui karena pengolahannya yang praktis dan cepat sehingga bisa menjadi alternatif makanan cepat saji bagi orang-orang yang tidak sempat memasak makanan sehat. Berapa contoh junk food diantaranya adalah ayam goreng tepung, kentang goreng, hamburger, hot dog, spageti, mie instan, sosis goreng, berbagai jenis gorengan, donat, dan lain sebagainya. Selain itu, minuman yang hanya mengandung gula juga masuk dalam kategori sebagai “minuman sampah”, contohnya seperti soft drink atau minuman-minuman bersoda.

  
Junk food yang hanya berisi lemak dan karbohidrat dapat dipastikan akan menaikkan berat badan dengan cepat dengan cara yang tidak sehat. Seseorang akan mudah menjadi obesitas atau kegemukan hanya dengan rutin mengonsumsi junk food tiap harinya. Selain itu, tumpukkan lemak dan karbohidrat dalam tubuh akan memicu berbagai macam penyakit seperti diabetes mellitus, penyumbatan pembuluh darah, gangguan kesuburan atau reproduksi, dan bahkan penyakit jantung.
Kelebihan lemak akan mengganggu kerja indung telur dan kerja hormone estrogen serta progesterone sehingga kemungkinan besar proses pembentukan sel telur (ovulasi) juga terganggu. Pada pria, kelebihan lemak pada area perut dan paha akan menutupi penis sehingga akan mengganggu fungsinya saat berhubungan intim, efek-efek negatif konsumsi berlebihan dari junk food membuat Anda harus berpikir dua kali ketika mengonsumsinya. Bila Anda ingin sekali-kali mengonsumsinya, imbangi dengan buah dan sayuran atau dengan cukup olahraga agar kelebihan lemak dan kalori dapat terkurangi.
Kurangi Makanan dan Minuman Berpengawet atau Kalengan
Industri makanan saat ini semakin berkembang, banyak perusahaan pembuat makanan yang berusaha membuat produk mereka laris di pasaran. Perusahaan-perusahaan tersebut menempuh berbagai cara mulai dari mengemas makanan semenarik mungkin hingga membuat berbagai inovasi rasa pada produk mereka, sayangnya cara-cara tersebut tak sepenuhnya sehat karena makanan yang diproduksi sering kali ditambah dengan zat-zat aditif yang bersifat kimiawi.
Zat aditif atau zat tambahan kimia diberikan pada makanan dengan berbagai tujuan. Tambahan zat pewarna buatan bertujuan untuk memberi warna yang menarik, misalnya: warna merah untuk makanan berasa stroberi atau warna hijau untuk makanan yang diklaim mengandung banyak sayuran, banyak pula makanan kemasan yang menambahkan zat penguat rasa seperti garam, gula sintetis, atau MSG supaya terasa lebih lezat, banyak produk-produk makanan kemasan atau kalengan yang menggunakan bahan pengawet supaya makanan atau minumannya bertahan lama atau terhindar dari kontaminasi bakteri atau mikroorganisme yang dapat merusak makanan.
Bahan pengawet yang sering digunakan dalam makanan kemasan atau kalengan, yaitu sodium nitrit (banyak digunakan pada ham, sosis, daging dan ikan asap, bacon) BHA (Butil HydroxyAnisole) dan BHT (Butil HidroksiToluen) (digunakan pada sereal, permen, keripik kentang, makanan ringan, dan minyak goreng) serta garam. Nitrit yang digunakan untuk mengawetkan daging akan bereaksi dengan protein dalam daging dan menghasilkan senyawa nitrosamine yang bersifat karsinogen (dapat menyebabkan kanker), penggunaan terlalu banyak garam juga memicu timbulnya hipertensi karena kandungan natrium pada garam yang banyak menumpuk didalam tubuh dapat mengganggu keseimbangan cairan didalam sel dan didalam pembuluh darah.
Bagi Anda yang ingin cepat hamil sebaiknya mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang berpengawet agar terhindar dari risiko terkena berbagai gangguan kesehatan. Tubuh kita memang dapat menoleransi dan menetralkan berbagai senyawa kimia yang masuk tapi bila terlalu banyak penumpukan zat kimia akan berbahaya bagi tubuh. Makanan dan minuman dalam kaleng dan berpengawet memang praktis dan dapat disimpan dalam waktu lama, namun dibalik itu bahaya bagi kesehatan tubuh patut untuk diwaspadai. Apabila Anda terpaksa mengonsumsi makanan berpengawet, tambahkan bahan-bahan makanan alami seperti sayuran atau buah-buahan. Carilah variasi menu masakkan yang tidak banyak melibatkan makanan berpengawet atau makanan kalengan. Aturlah waktu Anda untuk bisa memasak makanan alami setiap harinya. Anda tidak mau rencana hamil terganggu hanya karena makanan kalengan bukan?
Kurangi Konsumsi Lemak dan Gula
Makanan yang banyak mengandung lemak biasanya lebih gurih dan lezat rasanya, begitupula minuman yang mempunyai rasa manis juga lebih enak untuk dikonsumsi. Kedua jenis makanan dan minuman yang mengandung lemak dan gula memang menjadi favorit banyak orang, bahkan sering kali orang tak sadar sudah mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau berlebihan.
Zat gula atau glukosa memang dibutuhkan sebagai salah satu sumber energi tubuh. Glukosa akan dipecah dan diserap oleh usus dan masuk ke dalam sel-sel diseluruh tubuh. Glukosa akan diubah menjadi glikogen didalam otot yang berguna untuk menghasilkan energi pergerakan tubuh. Sel-sel otak sangat membutuhkan glukosa untuk bisa bermetabolisme dan memperlancar kerja saraf-saraf yang ada diotak, glukosa dibawa ke seluruh tubuh melalui darah atau yang sering disebut dengan glukosa darah (blood glucose), kadar glukosa darah tidak boleh terlalu tinggi atau rendah supaya kebutuhan glukosa senantiasa tercukupi. Glukosa darah yang berlebihan akan meningkatkan kekentalan darah serta mengganggu sirkulasinya dan memicu timbulnya diabetes mellitus. Begitupula saat glukosa darah menurun, sel-sel tubuh tidak memiliki cukup glukosa untuk diolah menjadi energi, akibatnya tubuh akan merasa lemas dan pusing. 

 Lemak juga mempunyai fungsi esensial dalam tubuh, yaitu sebagai cadangan energi, pengangkut vitamin A, D, E, dan K, membantu meningkatkan nafsu makan, dan melindungi organ-organ dalam tubuh dari goncangan atau benturan. Lemak yang disimpan dalam tubuh (biasanya dibawah kulit) akan dipecah saat tubuh membutuhkan energi tambahan atau pada saat kadar glukosa mulai menurun. Lemak juga akan melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyalurkan ke organ sel yang membutuhkan keempat vitamin tersebut. Fungsi lain dari zat lemak adalah membantu peningkatan nafsu makan karena lemak mengeluarkan hormone leptin yang salah satu fungsinya merangsang nafsu makan. Meski fungsi lemak penting bagi tubuh, kelebihan lemak justru akan mengganggu fungsi tubuh itu sendiri. Lemak merupakan zat yang sulit larut dalam air sehingga tubuh tidak dapat melarutkan dan membuangnya melalui urine, lemak akan ditumpuk dibawah kulit dan disimpan diberbagai organ tubuh termasuk pada dinding pembuluh darah, apabila hal tersebut berlangsung dalam waktu lama dapat dibayangkan bagaimana organ-organ dalam tubuh tertutupi oleh lemak.
Bagi Anda yang sedang dalam program cepat hamil ada baiknya untuk mulai mengurangi jenis makanan yang mengandung lemak dan gula, konsumsilah kedua zat tersebut dalam kadar yang cukup (tidak kurang dan tidak lebih). Aturlah menu masakan yang zat gizinya seimbang serta perhatikan cara masak yang benar agar zt gizi dalam makanan tidak hilang begitu saja. Ingatlah bahwa makanan yang digoreng mendapat tambahan zat lemak yan berasal dari minyak goreng, disamping itu tambahan mentega, keju, dan susu juga turut menambah zat dan glukosa dalam makanan. Tapi bila Anda tetap ingin mengonsumsinya untuk menambah kelezatan pada masakan, imbangi dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

Related Posts

Diet agar Cepat Hamil Bagian 3
4/ 5
Oleh